Monday, February 1, 2016

FAKTOR RESIKO DEMAM BERDARAH DENGUE

Banyak Faktor penyebab demam berdarah dengue yang berhubungan dengan peningkatan kejadian DBD dan KLB yang sulit atau tidak dapat dikendalikan seperti, kepadatan penduduk/ pemukiman, urbanisasi yang tidak terkendali, lancarnya transportasi (darat , laut dan udara), serta keganasan (virulensi) virus Dengue.
Faktor demam berdarah dengue antara lain :

1. Faktor resiko demam berdarah dengue merupakan elemen dasar yang wajib dipahami mengingat banyak faktor yanng menentukan keberhasilan upaya penanggulangan DBD,  adapaun faktor- faktor risiko demam berdarah dengue adalah :
a. Peningkatan populasi nyamuk,
b. Penurunan ABJ <95%,
c. Adanya perubahan cuaca, dan
d. Peningkatan tempat-tempat perindukan


PERLU :

Kewaspadaan dini adanya peningkatan populasi nyamuk, penurunan ABJ <95%, adanya perubahan cuaca, dan peningkatan tempat-tempat perindukan

Kewaspadaan dini DBD adanya peningkatan kasus dan  peningkatan faktor resiko DBD juga penting untuk kegiatan proaktif surveilans









2. Faktor Risiko Penularan Infeksi Dengue

a. Pertumbuhan jumlah penduduk yang tidak memiliki pola tertentu, 
b. Urbanisasi yang tidak berencana dan terkontrol dengan baik, semakin majunya sistem transportasi sehingga mobilisasi penduduk sangat mudah, 
c. Sistem pengelolaan limbah dan penyediaan air bersih yang tidak memadai, berkembangnya penyebaran dan kepadatan nyamuk, kurangnya sistem pengendalian nyamuk yang efektif, serta melemahnya struktur kesehatan masyarakat. Selain faktor-faktor lingkungan tersebut diatas status imunologi seseorang, strain virus/serotipe virus yang menginfeksi, usia dan riwayat genetik juga berpengaruh terhadap penularan penyakit.
d. Pengaruh curah hujan, kenaikan suhu dan kelembaban serta surveilans. Perubahan iklim (climate change) yang cenderung menambah jumlah habitat vektor DBD menambah risiko penularan

Solusi :
1. Pengendalian vektor, meminimalkan habitat perkembangbiakan vektor, menurunkan kepadatan dan umur vektor, mengurangi kontak antara vektor dengan manusia serta memutus rantai penularan penyakit

2. Pembangunan Berwawasan Kesehatan Lingkungan Meningkatkan mutu lingkungan hidup yang dapat mengurangi risiko penularan DBD










3. Faktor Resiko kejadian DBD
Secara umum seluruh wilayah Indonesia, propinsi dan kabupaten/ kota mempunyai risiko untuk kejangkitan penyakit Demam Berdarah Dengue karena virus penyebab dan nyamuk penularnya (Aedes aegypti) tersebar luas, baik di rumah-rumah maupun di Tempat Umum, kecuali yangketinggiannya lebih dari 1000 meter di atas permukaan laut. Oleh karena itu untuk mengendalikan penyakit ini diperlukan gerakan untuk memberdayakan masyarakat dengan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk ( PSN ) DBD.

Resiko lebih tinggi pada Desa/kelurahan rawan yaitu desa/kelurahan yang dalam 3 tahun yang terakhir kejangkitan penyakit demam berdarah dengue, atau yang karena keadaan lingkungannya (antara lain karena penduduknya padat, mempunyai hubungan
transportasi yang ramai dengan wilayah lain), sehingga mempunyai risiko untuk kejadian luar biasa.

Faktor yang mempengaruhi demam berdarah dengue atau Prognosis DBD antara lain  :
1. pengenalan tanda-tanda bahaya secara awal dan pemberian cairan Larutan garam isotonik atau kristaloid sebagai cairan awal pengganti volume plasma sesuai dengan berat ringan penyakit.
2. Perhatian khusus pada kasus dengan peningkatan hematokrit yang terus menerus dan penurunan jumlah trombosit yang cepat.
3. Tingkat perdarahan pada pasien DBD akibat gangguan pada pembuluh darah,  trombosit, dan faktor pembekuan. Jenis perdarahan yang terbanyak adalah perdarahan kulit seperti uji Tourniquet positif, petekie, purpura, ekimosis dan perdarahan konjungtiva.

Bagi yang mau download silakan click Faktor risiko demam berdarah dengue pdf

1 comment:

  1. Selama bertahun-tahun, saya telah membaca dan melihat iklan di media massa tentang semua pil penambah penis dan berpikir bahwa itu semua adalah penipuan atau tipuan. Semua situs medis yang saya kunjungi menyatakan bahwa tidak ada suplemen herbal yang akan membantu meningkatkan ukuran penis. Saya menjadi sangat depresi ketika membaca ini, karena sayangnya saya tidak secara alami diberkati dengan penis yang cukup besar untuk membangkitkan pasangan seksual saya atau pasangan masa lalu. Saya seorang pria yang melewati masa seksual saya dan kinerja seksual saya banyak yang diinginkan. Saya memutuskan untuk mencoba obat herbal Doctoc Akhigbe setelah semua pembacaan dan penelitian yang telah saya lakukan. Saya melihat kesaksian "Joe" tentang doktror Obat Herbal Akhigbe Karena ada Jaminan Uang Kembali, saya memberinya percobaan apa yang harus saya hilangkan ? Saya tidak percaya hasil yang saya lihat setelah meminum Obat Herbal Alami dan Sabun Herbal untuk dioleskan pada penis saya! dia mengirim kepada saya melalui jasa pengiriman kurir DHL. Dalam waktu sekitar 2 minggu saya memiliki peningkatan yang nyata dalam ketebalan penis saya. Kemudian setelah beberapa minggu tambahan, itu mulai bertambah panjang dan saya kagum dan sangat bersemangat. Sebelum saya menghabiskan minuman dan sabun, penis saya bertambah dua inci. Saya telah mengalami banyak kemajuan dalam kehidupan seks saya dan pil-pil ini tentu bernilai setiap sen yang saya habiskan untuk mereka! Saya ingin berterima kasih kepada Dr Akhigbe atas waktu dan upaya yang mereka habiskan untuk membantu orang-orang dalam situasi saya. Saya tahu banyak di luar sana yang menderita masalah ini dan mereka membutuhkan bantuan, kirimkan email kepadanya. drrealakhigbe@gmail.com. Ia juga menyembuhkan penyakit lain seperti: Menstruasi Nyeri atau Tidak Teratur. HIV / Aids. Pembesaran payudara. Penderita diabetes. Infeksi vagina. Keputihan Vagina. Gatal Dari Bagian Pribadi. Infeksi payudara. Debit dari Payudara. Nyeri & Gatal pada Payudara. Nyeri perut bagian bawah. Tidak Ada Periode atau Periode Tiba-tiba Berhenti. Masalah Seksual Wanita. Penyakit Kronis Tekanan Darah Tinggi. Rasa sakit saat berhubungan seks di dalam Pelvis. Nyeri saat buang air kecil. Penyakit Radang Panggul, (PID). Menetes Sperma dari Vagina Serta Untuk jumlah sperma rendah. Penyakit Parkinson. Lupus. Kanker. TBC Jumlah sperma nol. Asma. Ejakulasi cepat. Batu empedu, Ejakulasi Dini. Herpes. Nyeri sendi. Pukulan. Ereksi yang lemah. Erysipelas, Tiroid, Debit dari Penis. HPV. Hepatitis A dan B. STD. Staphylococcus + Gonorrhea + Sifilis. Penyakit jantung. Pile-Hemorrhoid. Rematik, tiroid, Autisme, pembesaran Penis, Pinggang & Nyeri Punggung. Infertilitas Pria dan Infertilitas Wanita. Untuk pengobatan Anda, kirim email kepadanya sekarang: drrealakhigbe@gmail.com atau Hubungi nomornya: +2349010754824.

    ReplyDelete